Aqiqah Peduli, Cerdaskan Anak Bangsa

Aqiqah Peduli, Cerdaskan Anak Bangsa

Alhamdulillah aqiqah atas nama Athalla Arayas Semara bin Dimasmara telah dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 14 Januari 2016.”

Demikian isi pesan singkat yang dikirimkan mitra pelaksana aqiqah di  Tebar Aqiqah, Syafran. Ia adalah mitra pelaksana Tebar Aqiqah di Sabua Ade, Bima, Nusa Tenggara Barat. Pesan singkat tersebut merupakan bentuk laporan awal dari mitra pelaksana kepada orang yang beraqiqah. Selanjutnya akan dikirim laporan lengkap berupa dokumentasi berupa foto kambing sebelum dan pada saat disembelih serta foto pelaksanaan tasyakuran dan penerima manfaat. ini merupakan bagian dari program aqiqah peduli yang dilakukan oleh Tebar Aqiqah.

Pelaksanaan aqiqah pada hari itu diawali dengan menyediakan hewan ternak kambing yang sesuai dengan kaidah syar’i, serta standar teknis peternakan, yaitu berupa kambing jantan dewasa yang sehat dengan bobot antara 23-35 Kg. Selanjutnya hewan tersebut disembelih sesuai tata cara Islam dan dimasak bersama oleh masyarakat anggota koperasi peternak. Setelah matang, lalu dikemas dan didistribusikan dalam bentuk nasi kotak atau makan bersama. Sebelum makan bersama dilakukan tasyakuran berupa do’a bersama anak yatim dan masyarakat dhuafa di lingkungan Dusun Sapaga, Kelurahan Jatiwangi, Kecamatan Asakota, Bima Nusa Tenggara Barat.

Tasyakuran ini diikuti 122 orang, terdiri dari anak-anak yatim dan masyarakat dhuafa. Rasa syukur bahagia dan haru terpancar di wajah anak-anak yatim dan masyarakat dhuafa yang menjadi penerima manfaat atas aqiqah Keluarga Ibu Raihan yang mengaqiqahkan putranya yang bernama Athalla Arayas Semara bin Dimasmara.

Data konsumsi daging nasional yang hanya 2,2 kg per tahun per kapita. Angka ini masih sangat jauh jika dibandingkan dengan kebutuhan asupan protein hewani yang dibutuhkan untuk proses pertumbuhan anak-anak. Apalagi untuk menciptakan generasi bangsa yang cerdas agar mampu bersaing dengan negara lain. Minimnya asupan protein hewani tersebut semakin nyata di daerah yang terpencil dengan mayoritas masyarakat dhuafa.

Dimuat di : http://www.kbknews.id/2016/03/15/tebar-aqiqah-nusantara-cerdaskan-anak-bangsa

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.